Promosi & Iklan Melalui Facebook Tidak Gratis Lagi, Mulai Thn 2015


Pendiri Facebook Mark Zuckerberg/Forbes

JAKARTA - Perusahaan jejaring sosial Facebook Inc. kembali mengingatkan penggunanya agar berhenti memasang tulisan berisi iklan, kecuali membayar biaya promosi.

Dalam akun resmi Facebook, terungkap bahwa mulai tahun depan, halaman muka Facebook hanya akan menampilkan sedikit informasi yang memuat iklan, aplikasi software, dan undian. Artinya, Facebook akan membatasi jumlah promosi, yang mengganggu pengguna.

"Perubahan ini untuk memberi pengalaman Facebook terbaik dan responsif sesuai yang telah diungkapkan pengguna kepada kami," ujar Facebook dalam akun resminya, Jumat (14/11/2014).
Seperti dikutip dari Bloomberg, Facebook menegaskan setiap halaman yang memuat posting promosi akan mengalami penurunan distribusi organik secara signifikan.

Chief Excecutive Officer Facebook Mark Zuckerberg menuturkan anggota Facebook rata-rata memiliki 1.500 posting yang dilihat setiap hari. Untuk masuk dalam posting tersebut, pelaku bisnis harus berani membayar biaya iklan.

Menanggapi hal tersebut, Analis Forrester Research Nate Elliott mengatakan Facebook makin bergeser meninggalkan pemasar sosial, menjadi tempat beriklan yang konservatif.
"Jika Anda pemilik merek, 98% dari penggemar Anda tidak akan melihat posting Facebook terbaru dan 99,8% lainnya tidak akan tertaut pada posting tersebut. Perubahan ini akan membuat keadaan lebih buruk," katanya.

Source : Bloomberg
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...